Jumat, 19 Juni 2009

FILOSOFI LAMBANG TANAH BUMBU


1. Bingkai persegi lima berbentuk perisai dengan garis hitam pada bagian luar,
Simbol kekuatan pertahanan keamanan dalam satu kesatuan dan persatuan masyarakat Tanah Bumbu yang majemuk.
2. Bintang Lima, Simbol Ketuhanan, bahwa masyarakat Tanah Bumbu merupakan masyarakat yang agamis.
3. Dasar Logo Biru Muda, Simbol sumber daya perairan dari wilayah Kabupaten Tanah Bumbu yang sebagian merupakan wilayah laut dan sungai, Hijau Muda, Simbol sumber daya daratan yang melimpah yang meliputi pertanian, perkebunan, kehutanann peternakan dan pertambangan. Tulisan Tanah Bumbu Warna Putih dengan Dasar Warna Coklat Tua, Simbol ketulusan, keikhlasan, bahwa masyarakat Tanah Bumbu adalah masyarakat yang bijaksana dengan hati yang bersih, tulus dan ikhlas dalam membangun daerah serta menjunjung tinggi nama daerah dan mengutamakan kepentingan daerah diatas kepentingan pribadi dan golongan.
4. Gunung Warna Hitam, Bahwa Kabupaten Tanah Bumbu kaya akan sumber daya alam yang melimpah ruah dan belum tergali secara maksimal.
5. Padi Dan Kapas, Simbol Cita-cita Kabupaten Tanah Bumbu untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur, tercukupi kebutuhan sandang dan pangan, Butir Padi Sebanyak 53 Butir, Bahwa perjuangan masyarakat Tanah Bumbu menuju Kabupaten pemekaran dimulai sejak tahun 1953. Butir Kapas Sebanyak 27 Butir Dalam Satu Tangkai, Merupakan simbol tanggal disahkannya Kabupaten Tanaah Bumbu oleh DPR-RI pada tanggal 27 Januari 2003.
6. Slogan Atau Motto Bersujud Pada Pita Pengikat Padi Dan Kapas, mempunyai arti; Bersih, Subur, Syukur, Jujur dan Damai, dalam mewujudkan cita-cita yang luhur, masyarakat Tanah Bumbu berjuang sekuat tenaga dengan segala daya dan upaya yang dimiliki.
7. Perahu Tradisional (Pinisi), Simbol perahu kebersamaan Kabupaten Tanah Bumbu, berlayar mengarungi samudera kehidupan menuju kesuksesan, kemakmuran, dalam usaha mewujudkan cita-cita Kabupaten Tanah Bumbu serta berusaha mensejajarkan diri dengan kabupaten yang lain yang lebih terdahulu di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
5 Layar Dengan Satu Bendera, Simbol lima kecamatan yang bersatu dalam satu wadah dan bendera yaitu;
1. Kecamatan Batulicin,
2. Kecamatan Satui,
3. Kecamatan Kusan Hilir
4. Kecamatan Kusan Hulu
5. Kecamatan Sungai Loban
Kabin atau Dasar Tiang Layar (pondasi) Dengan Warna Coklat Tanah, Simbol wujud kesuburan alam (tanah) di Kabupaten Tanah Bumbu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar