Selasa, 16 Juni 2009

Planet Mirip Bumi

Setelah mengamati tak kurang dari 340 planet di angkasa luar, sejumlah astronom menemukan sebuah planet yang mempunyai tanda-tanda kehidupan yang mirip dengan bumi. Planet itu diberi nama Gliese 581 e dan Gliese d yang disebut para astronom itu mempunyai sifat exoplanet, yaitu mempunyai tanda-tanda kehidupan yang mirip dengan bumi.

Planet itu berada pada jarak sekitar 20 tahun cahaya dari Bumi, atau sekitar 193 triliun kilometer dari Bumi, dan terletak di rasi bintang Libra. “Sebuah penemuan yang luar biasa dan merupakan pertanda baik adanya sebuah planet yang habitable (kemungkinan bisa didiami),” ujar astronom Alan Boss dari Carnegie Institute, Washington.

Para peneliti menemukan suhu permukaan planet itu tampaknya mengizinkan kemungkinan terbentuknya butiran-butiran air yang sangat penting bagi kehidupan. Suhu temperatur permukaan planet ini diperkirakan stabil anatara 0 - 40 derajat celcius. Planet ini sekitar 1,9 kali lebih besar dibandingkan dengan bumi. Massa planet ini sekitar 5 kali massa Bumi, dan merupakan planet terkecil di luar tata surya yang ditemukan saat ini.

Ada beberapa planet yang telah ditemukan dalam sistem tata surya Gliese 581 namun dua planet yang diduga paling mendekati sifat-sifat Bumi adalah Gliese 581 d dan Gliese 581 e.

Gliese 581 ditemukan oleh sekelompok astronom yang bekerja pada European Southern Observatory dengan lensa teleskop 3,6 meter yang terletak di La Silla, Chile.

Planet yang paling kecil, Gliese 581 e, diperkirakan mempunyai massa 1,9 massa bumi, dan mempunyai orbit mengitasi matahari 3,15 hari. Karena sangat dekat dengan sistem plenet Gliese 581, sehingga memancarkan panas yang kuat, dan mungkin ada gas dan cairan-cairang yang mungkin telah hilang sejak lama, sehingga sekarang hanya meninggalkan batu-batu yang tak layak didiami. Sedangkan Gliese 581 d mengitari orbit matahari selama 80 hari.

Pada bulan Pebruari, seorang astronom Perancis juga mengumumkan telah menemukan sebuah planet yang lebih kecil, yang kemudian dia namai CoRo-Exo-7b, yang diperkirakan memiliki massa 1,7 massa bumi, mengintasi sebuah orbit bintang, dan disebut memiliki ciri-ciri seperti Gliese 581 e.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar